Senin, 09 Agustus 2010

PRODUK BUATAN INDONESIA

Saat ini sudah banyak barang buatan Indonesia yang bisa bersaing di pasar lokal. Berikut ini beberapa list barang-barang buatan Indonesia beserta sedikit info yang berhasil saya dapatkan.



Komputer

Advan, BYON, Forsa, Axioo
Keempat laptop ini memang perusahaannya milik Indonesia, tetapi hanya berupa rakitan dari komponen-komponen Laptop yang dikirim dari Taiwan.

Zyrex
Didirikan pada tahun 1996 dengan nama PT. Zyrexindo Mandiri Buana. Hampir semua komponennya buatan Indonesia. Dan pastinya juga dirakit di Indonesia.





Sepeda Listrik

BETRIX
Nama perusahaannya PT Betrix Indonesia, memproduksi sepeda listrik untuk kategori 200-235 watt. Betrix sendiri merupakan singkatan dari Bebek Listrik. Didirikan oleh orang Bandung, namanya Mario. Menggunakan perpaduan teknologi dari Jepang, Jerman dan Taiwan. Dibandingkan dengan sepeda listrik buatan cina yang saat ini juga marak di pasar Indonesia, Betrix saat ini telah lebih dari 8 tahun memimpin dari segi pasar dan teknologi kendaraan listrik roda dua.





Handphone

SPIRIT
Dikomandani oleh Samuel Kevin Wirianto. Pabriknya terletak di daerah Cikarang, Bekasi. Model yang paling diusung adalah S77, dengan andalan ponsel TV dan dual SIM card.





Elektronik

Polytron
Merk elektronik ini mungkin sudah lama dikenal. Satu-satunya produsen barang elektronik lokal yang mapu bersaing dengan barang elektronik asing. Didirikan pada tahun 1975 dengan nama PT. Indonesia Electronic & Engineering. Kemudian saat ini namanya berganti menjadi PT. Hartono Istana Teknologi. Pabriknya berlokasi di Semarang dan Kudus.





Motor

KANZEN
Nama perusahaanya PT Inti Kanzen Motor. Pemilik perusahaan ini ialah Rini Mariani Soemarno, mantan menperindag jaman presiden Megawati. Teknologi yang digunakan bekerja sama dengan Daelim, Korea. Dari hasil tes lab uji publik yang dilakukan Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terhadap 38 sepeda motor jenis bebek bermesin 100 CC selama periode Maret-Desember 2002 . Kanzen lulus bersama barisan motor-motor Jepang.






Mobil

GEA
Berasal dari kata Gulirkan Energi Alternatif. Alasan penamaan ini karena mesinnya bisa menggunakan bahan bakar bensin premium dan bahan bakar gas. Mesinnya dibuat oleh BPPT dan casing mobil oleh PT. INKA Madiun. Mobil ini sudah diperkenalkan kepada publik saat Jakarta International Expo (JiExpo) 2008 tetapi belum ada pemasaran skala besar. Karena sampai saat ini masih dalam proses pengujian. Pengujian pertama pernah dilakukan dengan rute Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan dan Magetan sejauh 10.000 km. Dan hasilnya, mobil dapat melaju dengan kecepatan masksimal 85km/jam dan dapat berjalan pada jalan menanjak seperti di sarangan (sebenarnya tergantung yang nyetir juga). Apabila proses pengujian sudah selesai, rencananya mobil ini siap dipasarkan dengan harga 45-50 juta per unit.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

box