Jumat, 13 Agustus 2010

57 MAKAM KUNO DI MESIR

http://www.dapunta.com/wp-content/uploads/2010/05/makam-kuno-mesir.jpgDapunta Online – TELAH DITEMUKAN 57 makam kuno yang terbuat dari batu lengkap dan di dalamnya terdapat mumi (jasad) yang telah diawetkan, di daerah Lahoun, sekitar 70 mil atau 100 kilometer sebelah selatan kota Kairo. Penemuan tersebut disampaikan dalam pernyataan resmi Dewan Tertinggi Barang Antik Mesir. Seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (23/05/2010), penemuan tersebut memberi pengetahuan baru bagi khazanah kepercayaan kuno Mesir. Menurut Zahi Hawass, Kepala arkeolog Mesir, mumi yang ada di dalam makam tersebut diselimuti kain linen, pada dinding makam terdapat tulisan atau teks religius yang diambil dari Book of The Dead serta gambar para dewa di zaman Mesir kuno.

Dari 57 makam tersebut, ternyata yang paling tua berumur 2750 sebelum masehi atau pada periode permulaan Mesir dan dinasti kedua. Sementara dua belas makam lainnya dibuat sekitar abad ke-18, dan 31 makam berumur sekitar 1840 sampai 2030 sebelum masehi.

Abdel Rahman El-Aydi, Ketua tim arkeolog yang menemukan makam tersebut, mengatakan bahwa tulisan religius pada makam tersebut untuk membantu mereka yang telah meninggal dunia untuk melintasi antar dunia, yang hidup dan yang mati. Dia menjelaskan satu dari 57 makam yang ditemukan adalah makam yang paling komplit. Di dalamnya, terdapat jasad yang telah dibalsem dan dibungkus kain linen lengkap dengan alat-alat penguburan.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

box