Sabtu, 16 April 2011

10 Penemuan Aneh dan Unik National Geographic 2010


Sains adalah untuk menyelidiki dan menemukan, sedangkan agama untuk memaknainya. Sains memberi kita pengetahuan dan pemahaman menimbulkan kekuatan.

Di sisi lain, agama membekali manusia dengan makna supaya menjadi bijaksana, yang kemudian menumbuhkan pengendalian.

Itu tadi tafsir seadanya dari kutipan Martin Luther King, Jr. Berikut ini adalah penemuan-penemuan yang paling menarik perhatian publik sepanjang 2010 menurut situs National Geographic.

1. Gempa Chile

http://hermawayne.blogspot.com

Gempa di Chile Februari 2010 lalu konon begitu kuat sampai bisa menggeser poros bumi serta memperpendek siklus hari.

Gempa berkekuatan 8,8 SR yang mempercepat rotasi bumi itu adalah kelima terkuat dan berhasil memperpendek hari di Bumi sebesar seper 1,26 juta detik.

Angka ini didapat dari perhitungan komputer oleh ahli geofisika dari NASA, Richard Gross.



2. Galaxy

http://hermawayne.blogspot.com

Pada tahun 2008, para ilmuwan menemukan ratusan klaster galaksi bergerak ke arah yang sama dengan kecepatan lebih dari 2,2 juta mil (3,6 juta kilometer) per jam.

Gerakan misterius ini belum dapat dijelaskan. Jadi, para peneliti menduga bahwa klaster-klaster itu sedang ditarik oleh gravitasi yang berasal dari materi di luar bagian alam semesta yang sudah terdeteksi.



3. Kadal Ular

http://hermawayne.blogspot.com

Inilah bukti transisi evolusi dari reptil ke mamalia. Menurut sebuah penelitian, ternyata ada spesies kadal Australia yang tidak bertelur.

Di sepanjang pesisir dataran rendah bercuaca hangat di New South Wales, kadal biasanya bertelur untuk mereproduksi keturunan.

Tetapi, ada spesies yang sama yang tinggal di dataran tinggi di pegunungan dingin yang berkembak biak dengan melahirkan seperti mamalia.



4. Ikan yang Bisa Berjalan

http://hermawayne.blogspot.com

Ini adalah ikan aneh, yang menggunakan sirip untuk berjalan, bukan buat berenang. Ikan merah muda ini adalah salah satu dari 9 spesies baru dari keluarga handfish.

Penentuan spesies baru dilakukan berdasarkan sejumlah faktor, termasuk jumlah tulang dan sirip, warna, adanya sisik dan duri, serta ukuran tubuh yang proporsional.

Bahkan di antara spesies lain yang pernah dikenal, ikan-ikan berjalan ini belum banyak, sehingga sangat sedikit yang diketahui soal struktur biologis maupun perilakunya.




5. Amazon yang Bersejarah

http://hermawayne.blogspot.com

Ratusan bentuk lingkaran, kotak, dan bentuk-bentuk geometris lain, yang tadinya tersembunyi di Amazon, sekarang diketahui sebagai peninggalan masyarakat kuno yang tak diketahui sebelumnya.

Citra satelit telah memotret daerah ini sejak 1999 dan mengungkap lebih dari 200 tanggul-tanggul geometris yang mencakup luas lebih dari 155 mil (250 kilometer).




6. Black Hole

http://hermawayne.blogspot.com

Alam semesta kita boleh jadi berada di dalam sebuah lubang hitam yang dia sendiri merupakan bagian dari alam semesta yang lebih besar.

Menurut teori, semua lubang hitam yang ditemukan sejauh ini adalah gerbang menuju realitas atau semesta yang lain. Menurut sejumlah teori, lubang hitam sebenarnya adalah terowongan antar semesta.

Materi yang disedot lubang hitam tidak hancur seperti yang diperkirakan sebelumnya, melainkan menyembur keluar dari "lubang putih" di semesta lubang hitam yang lain.



7. Ikan Aneh di Greenland

http://hermawayne.blogspot.com

Wujudnya seperti makhluk luar angkasa dari film-film fiksi. Ini adalah spesies ikan anyar yang baru-baru ini ditemukan di perairan Greenland.

Mereka tumbuh hingga 17 cm panjangnya dan adalah 1 dari 38 spesies ikan yang ditemukan di sekitar pulau Arktik.



8. Kelelawar Papua

http://hermawayne.blogspot.com

Ini adalah kelelawar berhidung tabung pemakan buah. Binatang yang disebut "Kelelawar Yoda" ini adalah salah satu dari sekitar 200 spesies yang ditemui selama 2 ekspedisi ilmiah ke Papua Nugini pada tahun 2009.

Meski sudah diketahui pada ekspedisi sebelumnya, kelelawar jenis ini belum didokumentasikan secara resmi sebagai spesies baru dan belum ada namanya.

Di ekspedisi tersebut ditemukan 24 spesies katak, 2 mamalia, dan hampir seratus serangga baru.



9. Kapal Nabi Nuh

http://img.uphaa.com/uploads/8/ig21_above_noah_ark_02.jpg

Sebuah tim petualang dari Kristen Evangelis mengklaim bahwa mereka telah menemukan sisa-sisa bahtera Nuh di bawah salju dan puing-puing vulkanis di Turki.



10. Naskah Laut Mati

http://hermawayne.blogspot.com

Dari penggalian terowongan Yerusalem kuno sampai pekerjaan detektif arkeologi dilakukan untuk memecahkan salah satu misteri besar dalam sejarah Alkitab Ibrani. Siapakah penulis Naskah Laut Mati?

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

box