Jumat, 30 Juli 2010

cara posting blog bagi pemula

Posting adalah aktifitas seorang webmaster atau blogger untuk memasukan (upload) artikel baik itu berupa teks, gambar atau keduanya.
Setelah memperlajari bagaimana cara membuat sebuah blog pada artikel kali lalu yaitu panduan membuat blog dengan blogger, kali ini kita lanjut lagi satu langkah kedepan yaitu bagaimana cara melakukan posting pada blog.

Sebagai seorang blogger, tentu menghendaki agar blognya dikunjungi banyak orang sehingga informasi yang ingin disampaikan ke banyak orang akan tercapai. Sedangkan untuk mencapai agar blog kita dikunjungin banyak orang tentu ada beberapa catatan penting untuk dilakukan, dan diantaranya adalah melakukan postingan artikel sesering mungkin. Semakin sering seorang blogger melakukan posting artikel semakin besar pula kemungkinan meningkatnya pengunjung blog karena dengan semakin seringnya melakukan posting artikel maka kemungkinan blog kita terindex di search engine semakin tinggi sehingga semakin mudah ditemukan oleh para pengunjung yang memanfaatkan mesin pencari (search engine) untuk menemukan informasi.

Untuk melakukan posting artikel ke blogspot, berikut ini adalah panduannya yang dilengkapi dengan gambar yang diperuntukan bagi blogger pemula.

Langkah pertama ketik blogger.com pada address bar kemudian tekan ENTER atau bisa juga dengan klik di sini untuk masuk ke web blogspot. Kemudian muncul jendela login ke blogger seperti gambar di atas, masukan username atau user  id atau alamat emailnya pada "Nama Pengguna (Email)" dan ketik password anda yang anda buat saat membuat blog pertama kali kemudian klik "Masuk".
Setelah klik masuk maka jendela yang akan muncul adalah dashboard/dasbor milik anda dan langsung saja klik "New Post" atau "Tulis Baru" sehingga anda dipandu menunju jendela posting artikel.


Pada Title ketikan judul artikel yang hendak anda posting, misalnya "Cara membuat blog dengan blogspot" atau "Cara menulis artikel pada blogspot" atau dengan topik yang lain yang anda kehendaki.

Kemudian pada linknya biarkan saja kosong, atau bisa juga menuliskan linknya misalnya http://www.tobipuken.com atau http://belajar-ilmu-komputer.blogspot.com atau dengan alamat blog anda.


Setelah mengetik isi artikel (sebagai contoh bisa lihat gambar di atas), dan cek kembali apakah ada tulisan atau ketikan yang kekurangan huruf atau lainnya dan perbaiki kekurangannya. Jika sudah semua, klik tab "Publish Post" untuk mempublikasikan artikel tersebut untuk dibaca pengunjung blog anda.


Artikel yang anda ketik tadi sudah terpubilkasi ke internet dan sudah bisa dibaca oleh semua pengunjung blog anda.
Langkah terakhir yaitu klik Sign Out atau Log Out untuk keluar dari akun blogger anda.
Artikel lainnya :

1 komentar:

CU'POE mengatakan...

emmm..lumayan
lumayan dawa hehe
mning2 kdawan...key

Diberdayakan oleh Blogger.

box